Senin, 04 Februari 2008

Mengembangkan Kemampuan Memodifikasi Motor


Rante Keteng Berisik.? NO WAY..!! :)
Filed under: TIPS & MODIFIKASI
Dapet ilmu baru dari Manto. Kemarin dimilis emang udah dijelasin. Cuman berhubung gw belom liat barangnya, jadi gak mudeng. Penyakit Megapro atawa Tiger 2000 emang banyak yg mirip. Terutama rante keteng yang sering banget bunyi akibat tensionernya lemah.
Ini sebetulnya masukan buat Produsen Honda, specially after salesnya spt bengkel2 AHASS. Tapi kok kenapa Manto malah dapetnya dari montir Surabaya sana yah..? Mestinya di milis2 (tigi atawa meggy) info beginian mudah didapet & dishare. Bingung gw..
Buat yg kena penyakit rante keteng bunyi karna tensioner lemah. Silakan copot penekan Tensionernya (ada di atas motor stater). Copot bagian rumahnya dan keluarkan satu persatu, tapi perlu diingat urutan pemasanggannya. Kecuali ente yakin pernah bongkar sebelumnya.
=================================Di parts yg seperti paku payung membesar itu (paling bawah), ente bakal liat O ring warna hitam (1 & 2). Ini die kuncinya, nah silakan tambahkan ring satu buah dan kalo bisa yg diameternya sama. Gak sama juga gpp sih.. ini fungsinya cuma mematikan tekanan otomatis per yg sebelumnya (4). Gerak maju mundur tensioner sebetulnya jadi hilang. Tp gak usah khawatir.. toh fungsinya tensioner itu sendiri kan sekedar penahan rantai saja. Selama pelumasannya ada dan per-nya gak pernah diutak atik, bisa dijamin deh bakal panjang umur rante keteng punya sodara.
Ok, selesai nambah satu ring, pasang sesuai urutan bongkar tadi (5, 6 & 7). Awas jangan sampe ilang/jatoh seal kecil yg ada di baut belakang (5), bisa rembes oli ente. Terakhir putar sampe habis penyetel dorongannya. Patokannya, Obeng plus diputar spt buka mur sampe berasa keras atau tidak bisa berputar lagi. Sip.. jadi deh. Nyalain dah tuh mesin. Tunggu kira2 5 menit sampe oli bener2 naik ke kompartemen mesin.

Tidak ada komentar: